Beberapa Catatan tentang Demo 411, Mungkinkah Fadli Zon (Tidak) Tahu Rencana Kelompok Abu Nusaibah?

Healmagz.com - Perhatikan kronologi berikut ini: Catatan Pertama: Jumat, 4 November 2016, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, “Kalau ada permintaan...






Healmagz.com - Perhatikan kronologi berikut ini:

Catatan Pertama: Jumat, 4 November 2016, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, “Kalau ada permintaan masyarakat mau menginap ya silakan saja, ini rumah rakyat kok; Kalau tak tertampung silakan ke DPR, ini rumah rakyat,” Artinya, mengizinkan massa pengunjuk rasa yang menamakan diri Gerakan Nasional Penjaga Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPFMUI) untuk menginap di gedung DPR/MPR RI, [CNN]

Catatan Kedua: Massa berunjuk rasa di kawasan Istana Negara dan Jalan Medan Merdeka Selatan secara perlahan meninggalkan lokasi melanjutkan aksinya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta; setelah mendengarkan orasi dan pembacaan Alquran surat Yassin di sekitar Patung Arjuna Wijaya (Patung Kuda). Sebagian massa bergerak dengan menumpang kendaraan bak terbuka, sebagian lainnya melanjutkan aksi menggunakan sepeda motor. Namun banyak juga massa aksi yang bingung untuk menuju Gedung DPR karena tidak membawa kendaraan. Namun, ada juga yang secara perlahan meninggalkan kawasan Patung Kuda. Ada juga yang tetap bertahan sambil beristirahat di trotoar, [Antara].

Catatan Ketiga: 26 November 2016, di Mabes Polri Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar, “Sembilan orang tersangka teroris kelompok Abu Nusaibah yang menyusup dalam demonstrasi 4 November lalu sudah merencanakan aksinya dengan matang. Namun rencana teror yang menunggu kelengahan polisi itu bisa digagalkan.

Setelah bentrok antara massa dan aparat keamanan terjadi pada Jumat (4/11), sekitar pukul 19.30, Abu Nusaibah memerintahkan WS dan UA untuk mengumpulkan 8 orang kelompok Hawariyun di Masjid Al-Fatah, Menteng, Jakarta Pusat.

Mereka bergerak berkumpul di Masjid Al-Fatah dari rumah masing-masing, tidak ikut demo di siang harinya, karena mereka akan memanfaatkan jika situasi rusuh.

Mereka yang diminta hadir itu berkumpul di halaman masjid sekitar pukul 20.00 WIB. Sementara di dalam Masjid ada Abu Nusaibah, SU, dan IA. Abu Nusaibah keluar dari Masjid Al-Fatah pukul 20.30 WIB lalu memerintahkan WS membagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama dipimpin AF untuk bergerak ke Penjaringan, Jakarta Utara, sebab kerusuhan telah terjadi di lokasi itu. Kelompok kedua dipimpin oleh Abu Nusaibah bergerak dan bergabung dengan massa di DPR.

Tugas dan tujuannya adalah, agar berhadapan langsung dengan aparat keamanan dalam chaos dan mencari kelengahan aparat keamanan untuk merebut senjata api atau apabila ada senjata yang jatuh segera ambil.

Mereka tidak langsung bergabung dengan massa setiba di Penjaringan. Melainkan langsung menyusup ke barisan di belakang polisi untuk mencari kelengahan aparat. Namun bentrok sudah berhasil dikendalikan oleh aparat keamanan. Kemudian, kelompok 1 pimpinan AF yang di Penjaringan berpindah menuju DPR RI untuk bergabung bersama massa.

Tim Densus 88 Antiteror berhasil menangkap sembilan orang yang terlibat dalam perencanaan teror itu. Kesembilan orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka itu ditangkap di Bekasi dan Jakarta. Mereka berinisial S alias AN, A, RS, DA, WW, IA, F, Z, AS. Secara umum mereka terdeteksi sebagai pemuda yang melakukan baiat, langsung ke pimpinan ISIS," [Opa Jappy | Jakarta News]

Suara dan gema Demo 4 11 2016, agaknya masih terus menerus bergaung kemana-mana; walaupun Ahok, sudah menjadi tersangka, namun masih belum memuaskan para penolaknya. Bahkan, besok 2 Des 2012, ada gerakan susulan. Tak apalah, namanya juga ikut dan meramaikan suasana Pilkada DKi Jakarta. Di balik itu, diriku yang tua ini memperhatikan ulang sekitar peristiwa 4 11, dan dihubungkan dengan pernyataan Kadiv Humas Mabes Polri.

Ada hal menarik, bahkan sangat menarik, ketika itu, dari Fadli Zon, Wakil Ketua DPR, mengizinkan massa pengunjuk rasa yang menamakan diri Gerakan Nasional Penjaga Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPFMUI) menginap di gedung DPR/MPR RI, seandainya tuntutan mereka tak diamini oleh pemerintah. Dan, selanjutnya pada malam hari, massa demo pun menuju Gedung DPR. Di sana, mereka tak bisa masuk. Tak seorang pun dari massa demo menginap di sana.

Lucunya, Fadli Zon, tak muncul di kawasan Gedung DPR, di antara massa, agar membuka gerbang serta pintu-pintu Gedung DPR, agar massa demo bisa tidur atau pun istirahat. Ke mana Fadli Zon!? Ia raib, di balik pintu rumah, sambil melihat TV; atau sementara melakukan hal lain yang lebih santai.

Mereka, massa demo, tercecer dan cari jalan sendiri; Pemda DKI, mengulurkan tangan bantuan. Ratusan Bus Trans Jakarta dikerahkan untuk membawa pulang massa demo ke kota masing-masing. Yang tersisa adalah cerita dan kisah; Fadli Zon pun lama bersuara.

Beberapa hari kemudian, Polri membuka dan menyampaikan hasil dapatan mereka. Sejumlah orang, yang disebut sebagai Tersangka Teroris, ditangkap. Ada di antara mereka ikut dalam rombongan massa menuju Gedung DPR. Luar Biasa,

Pikiran nakalku mengembara ke 4 11; seandainya pada waktu itu, ada Fadli Zon, dan ia berhasil membuka pintu-pintu Gedung DPR untuk massa demo. Bersamaan dengan itu, ada sejumlah teroris menginap di Gedung DPR. Tentu, kisahnya akan lain, pastinya gegar membahana ke segala penjuru planet Bumi.

Timbul tanya, apakah Fadli Zon, yang biasanya banyak tahu dan selalu berusaha mengetahui banyak hal, tidak tahu bahwa bisa saja ada penyusup bersama massa demo!? Penyusup yang bisa merusak, menghancurkan, membunuh banyak orang. Mudah-mudahan Fadli Zon, kali ini, ia tak tahu apa-apa tentang, "Kelompok pertama dipimpin AF untuk bergerak ke Penjaringan, Jakarta Utara; kelompok kedua dipimpin oleh Abu Nusaibah bergerak dan bergabung dengan massa di DPR"

Belajar dari tiga catatan di atas, agaknya para politisi, khususnya Fadli Zon, perlu jaga kata-kata atau memberikan pernyataan, sebab bisa saja itu membuka peluang sehingga bisa terjadi kehancuran yang lebih besar. Utamanya, Fadli Zon, yang juga anti Ahok dan sering menyampaikan kritik tajam yang tak bermakna kepada Presiden Jokowi, perlu menahan diri. Dalam arti, jangan cepat sampaikan hal-hal yang yang tak mendasar ataupun tak bisa dilakukan.

Menurutku, dalam "pemikiran theisme," Tuhan masih menjaga rakyat, bangsa dan negara Indonesia. Ya, Ia masih menjaga negeri ini dari kehancuran. Pada waktu itu, massa tak menginap dalam Gedung DPR, para teroris pun juga tak ada di sana. Semuanya karena bangsa ini masih dijaga; Tuhan menjaga menjaga bangsa ini dari ulah provokator dan teror serta teroris.

Oleh sebab itu, Pak Polisi perlu bertanya kepada Fadli Zon, "Mungkin Fadli Zon [Tidak] Tahu Rencana Kelompok Abu Nusaibah."


(kompasiana.com, Opa Jappy)

COMMENTS

Nama

aher,1,Ahmad Dhani,8,Ahok,118,aksi 313,1,alexis,1,allan nairn,1,Allya,1,Amazing,3,Andrew,2,Anies Baswedan,13,anti PKI,1,artis,8,Asma Dewi,1,aswaja,1,banjir,3,Batak,1,bayi,1,Bela Negara,1,bentrok papua,1,Berita,190,Berita Artis,12,berita heboh,16,Berita Internasional,8,berita nasional,47,bocah,1,Bom Bandung,2,Bom Madinah,1,BPJS,1,bpk,1,brimob,1,buni yani,1,bupati,1,buruh,1,calon kapolri,2,Calon Pilgub,7,cantik,1,catut nama jokowi,2,csr,1,Daerah,6,deddy mizwar,1,Demo,13,demokrat,4,Densus,1,diet,3,Dimas Kanjeng,1,ditangkap,1,Djarot,4,Dolar,1,DPR,1,DPRD,2,DPRD kota Semarang,1,e budgeting,1,e-ktp,2,eggy sujana,1,Ekonomi,4,Encun,1,Fadli zon,2,fahri hamzah,1,First travel,1,fitnah,2,food,4,FPI,20,Fuad Amin,1,Ganjar Pranowo,1,Gatot,1,gempa,1,gerindra,2,Gibran,2,Go Pro,1,Golkar,2,Gosip,1,Gubernur,15,Guru,3,Gus Dur,3,habib bahar,1,habib novel,1,habib rizieq,5,habib smith,1,harga daging murah,1,harga sapi murah,1,health,7,heboh,9,Hijabers,1,hoax,4,hot,1,Hukum,17,ibadah,1,Idul Adha,1,ILC,1,ilmuwan,1,Ima,1,imam besar,1,indra j piliang,1,Indro Warkop,1,Inspiring,4,Internasional,19,ISIS,3,Islam,14,jakarta,20,Jakmania,2,JK,1,Jokowi,54,jokowimantu,2,Jonru,6,Jusuf Kalla,1,Kabut Asap,6,Kaesang,4,Kahiyang Ayu,1,Kalijodo,1,Kamera,1,Karni Ilyas,1,Kasus Angeline,1,Kasus mirna,1,Kasus Sumber Waras,1,kebakaran,1,Kebakaran Hutan,5,kecelakaan,1,kekerasan,1,kepala daerah,1,Khazanah,1,khilafah,1,Kisah,2,kisruh,1,Kivlan Zen,2,kjp,1,Kontroversi,75,korupsi,1,KPAI,2,KPK,21,Krisna Murti,1,Lain-lain,1,laporkan,1,luar negeri,1,Lulung,2,Mahasiswa,1,Mahkamah Agung,1,Maia Estianti,1,Mario Teguh,10,mendikbud,1,menteri,3,Menteri kesehatan,1,Menteri Susi,2,Metropolitan,1,Motivasi,1,Moto GP,9,MUI,1,Musibah,2,Mustofa Nahra,1,Narkoba,2,Nasional,78,Nasionalisme,5,Netizen,2,News,230,Nikon,1,Nila F moeloek,1,Obama,1,Olah Raga,6,operasi zebra,1,Opini,30,ormas,1,OTT,1,pak yus,1,panglima TNI,1,PBNU,1,PDIP,4,Pegunungan Kendeng,1,pembangunan nasional,3,pembohong,1,Pemerintah,1,pemprov,1,Pendidikan,2,Pengetahuan,2,penistaan agama,2,penulis,1,Perampok,2,Peristiwa,3,perkosa,1,perppu,1,perpres,1,Piala Presiden,1,Pilgub DKI,36,pilkada 2018,1,pkl,1,Polda Metro Jaya,4,Polisi,8,POLITIK,89,Polri,4,PPP,1,prabowo,1,Presiden jokowi,8,presiden.,1,prestasi,1,Provokator,1,PSI,1,Putu Sudiartana,3,Ratna Sarumpaet,1,Rawajati,1,Ridwan Kamil,1,Risma,2,Roy Suryo,1,Rupiah,2,sandiago uno,14,SARA,5,Saracen,3,satpol PP,1,saudi,1,SBY,9,sean purnama,1,sejarah,2,seleb,7,semrawut,1,setnov,12,sidang,8,Sidoarjo,1,singapura,1,Snack bikini,1,Soeharto,2,Soekarno,1,soekarno Hatta,1,sports,1,Sri mulyani,1,supersemar,1,Susi,1,syahrini,1,tanah abang,2,taufik,1,Tax Amnesty,1,Teknologi,2,Teman Ahok,2,Tercyduk,2,Teroris,4,tips,9,TKI,1,tni,1,Tokoh,2,Toleransi,2,tommy,1,Tsamara,1,Umroh,2,vaksin palsu,3,viral,2,wagub jakarta,3,wahaby,1,warga miskin,1,Wiranto,2,Yenni Wahid,1,Yusuf Mansur,1,
ltr
item
Sejagad Media: Beberapa Catatan tentang Demo 411, Mungkinkah Fadli Zon (Tidak) Tahu Rencana Kelompok Abu Nusaibah?
Beberapa Catatan tentang Demo 411, Mungkinkah Fadli Zon (Tidak) Tahu Rencana Kelompok Abu Nusaibah?
https://2.bp.blogspot.com/-i8t8pZYd6NI/WD7sW4ww_iI/AAAAAAAAOR0/lGtk6dgHX8Yatf1IJokMBP3zyJl0O-VTACLcB/s1600/demo.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-i8t8pZYd6NI/WD7sW4ww_iI/AAAAAAAAOR0/lGtk6dgHX8Yatf1IJokMBP3zyJl0O-VTACLcB/s72-c/demo.jpg
Sejagad Media
http://www.sejagad.com/2016/11/beberapa-catatan-tentang-demo-411.html
http://www.sejagad.com/
http://www.sejagad.com/
http://www.sejagad.com/2016/11/beberapa-catatan-tentang-demo-411.html
true
5865075294842629428
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy