Pemantauan Asap Ditingkatkan Sampai ke Amrik!

Healmagz.com - Pemerintah kurang memanfaatkan pola perubahan musim, arah angin, sehingga nampak seperti tidak berdaya menghadapi bencana a...



Healmagz.com - Pemerintah kurang memanfaatkan pola perubahan musim, arah angin, sehingga nampak seperti tidak berdaya menghadapi bencana asap. Padahal hal itu sangat diperlukan dalam usaha mengatasi dampak dari kebakaran hutan dan lahan. Hal ini sungguh sangat disayangkan, karena kalau penanggulangan bencana asap terlambat ditangani dan menjadi suatu yang sangat berbahaya bukan saja dampaknya bahkan dalam upaya penanggulangannya, maka wilayah yang terlanda bencana asap bukan saja akan meluas. namun juga mengarah ke wilayah yang jarang terkena bencana asap. Info sementara dari artikel di Kompasiana asap sudah menggelayuti wilayah Lampung bahkan ada orang yang sudah melihat matahari kuning di langit Jakarta!

Bagaimana pola perubahan musim, arah angin dapat berpengaruh terhadap wilayah yang terkena bencana asap sebagai dampak dari karhutla 9kebakaran hutan dan lahan) ? Sekedar ilustrasi sederhana, kalau karhutla terjadi mulai bulan Februari segera diatasi, maka areal bencana asap tidak akan sampai ke negara tetangga. Penanganan bencana asap jika dilaksanakan intensif pada saat jumlah hotspot masih begitu banyak akan menghindarkan perluasan bencana asap sampai ke negara tetangga. Pola seperti itu sebetulnya sudah ditangani Pemerintahan Pak Jokowi pada awal tahun ini. Sampai pertengahan tahun tidak klaim keberatan dari negara tetangga terkait dengan bencana asap yang terjadi. Pada tahun-tahun lain, hal tersebut sangat membuat negara tetangga emosi.


Kalau bencana asap mulai akhir bulan Agustus tidak segera ditangani, kemungkinan ke negara tetangga masih bisa, tetapi kalau lewat akhir bulan Oktober hujan belum turun secara intensif, karena el niono atau apa saja, justru arah asap akan mengumpul di wilayah Ina saja. Hal ini yang sepertinya luput dari design besar penanganan bencana asap sebagai dampak dari karhutla. Sebagai gambaran, secara umum wilayah Ina akan mengalami perubahan musim dari April-Oktober yang pada umumnya mengalami kekurangan curah hujan, apalagi temperatur relatif tinggi, sehingga dikenal sebagai musim kemarau. disebut mengalami kekurangan hujan, karena pada musim kemarau sangat jarang turun hujan, namun bisa saja sesekali terjadi hujan di daerah daerah tertentu. Angin bertiup dari sebagian besar benua Australia menuju benua Asia. Hal ini dapat menjelaskan mengapa walaupun jumlah hotspot di Provinsi Riau sudah minim, bahkan dominasi hotspot justru di wilayah Sumatra Selatan, namun wilayah Riau justru terkena dampak bencana asap sangat serius. Pola perubahan musim dan arah angin sangat siginifikan terhadap situasi dan kondisi bencana asap sebagai dampak dari karhutla ini.

Mengapa banyak orang lalu berharap mendapatkan berkah hujan dari Allah SWT, sebagai satu-satunya jalan yang dapat mengatasi bencana asap yang sudah berlangsung realtif lama. Hal itu dapat terjadi, karena upaya pemadaman api di lapangan, walaupun sudah mengerahkann tenaga dan semangat luar biasa bahkan dari prajurit sekalipun, serta bantuan dari luar negeri, belum menampakkan hasil yang positif. Kondisi udara di wilayah yang terkena bencana asap bukan semakin membaik. Sementara saat ini sudah sampai di akhir bulan Oktober, periode perubahan musim Okteber-April akan berpengaruh besar terhadap bencana asap ini. Periode Oktober-April merupakan periode musim penghujan di wilayah Ina. Hujan yang lebat dan deras sajalah yang akan dapat memadamkan api di kawasan hutan dan lahan yang terjadi kebakaran.

Hal tersebut dikarenakan kebanyakan areal karhutla terjadi di lahan gambut. Hal tersebut sangat menyulitkan upaya pemadaman api di areal karhutla.  Karena api di permukaan lahan gambut, dapat padam karena hujan atau bom air, tetapi belum tentu sampai ke bawah. Sehingga jika terkena angin dapat segera berkobar kembali. Begitu juga dengan wilayah yang terkena bencana asap seperti Kota Pekanbaru misalnya, walaupun terjadi hujan secara sporadis, namun asap akan datang kembali, karena api  dari hotspot sebagai sumber karhutla di Sumatera Selatan masih belum dapat ditangani. Problem besar akan terjadi, kalau terjadi ancaman el nino. Ancaman el nino akan berakibat musim kemarau bertambah panjang, hal ini di samping memperkecil peluang terjadinya hujan lebat dan panjang, juga akan memperluas areal yang terkena bencana asap!

Pada musim kemarau, periode April-Oktober, secara umum arah angin akan berasal dari benua Australia menuju benua Asia. Areal bencana asap akan menuju Provinsi Riau bahkan mungkin melebar ke negara tetangga, Malaysia dan Singapura.


Namun jika musim penghujan, periode Oktober April, seperti yang terjadi pada kondisi saat ini,  secara umum arah angin akan bertiup dari benua Asia menuju benua Australia. Areal bencana akan meluas dan bertambah serta berbalik arah, justru ke arah Lampung dan bahkan ke Jawa. Namun mudah-mudahan, hal itu tidak akan terjadi, karena pemantauan penanggulangan bencana asap ini sudah ditingkatkan sampai ke Amrik. Tanpa mengurangi perhatian terhadap bencana asap yang terjadi, Bapak Presiden akan tetap memantau penanggulangan bencana asap saat berkunjung ke Amrik. Kompasiana.com

COMMENTS

Nama

aher,1,Ahmad Dhani,8,Ahok,118,aksi 313,1,alexis,1,allan nairn,1,Allya,1,Amazing,3,Andrew,2,Anies Baswedan,13,anti PKI,1,artis,8,Asma Dewi,1,aswaja,1,banjir,3,Batak,1,bayi,1,Bela Negara,1,bentrok papua,1,Berita,190,Berita Artis,12,berita heboh,16,Berita Internasional,8,berita nasional,47,bocah,1,Bom Bandung,2,Bom Madinah,1,BPJS,1,bpk,1,brimob,1,buni yani,1,bupati,1,buruh,1,calon kapolri,2,Calon Pilgub,7,cantik,1,catut nama jokowi,2,csr,1,Daerah,6,deddy mizwar,1,Demo,13,demokrat,4,Densus,1,diet,3,Dimas Kanjeng,1,ditangkap,1,Djarot,4,Dolar,1,DPR,1,DPRD,2,DPRD kota Semarang,1,e budgeting,1,e-ktp,2,eggy sujana,1,Ekonomi,4,Encun,1,Fadli zon,2,fahri hamzah,1,First travel,1,fitnah,2,food,4,FPI,20,Fuad Amin,1,Ganjar Pranowo,1,Gatot,1,gempa,1,gerindra,2,Gibran,2,Go Pro,1,Golkar,2,Gosip,1,Gubernur,15,Guru,3,Gus Dur,3,habib bahar,1,habib novel,1,habib rizieq,5,habib smith,1,harga daging murah,1,harga sapi murah,1,health,7,heboh,9,Hijabers,1,hoax,4,hot,1,Hukum,17,ibadah,1,Idul Adha,1,ILC,1,ilmuwan,1,Ima,1,imam besar,1,indra j piliang,1,Indro Warkop,1,Inspiring,4,Internasional,19,ISIS,3,Islam,14,jakarta,20,Jakmania,2,JK,1,Jokowi,54,jokowimantu,2,Jonru,6,Jusuf Kalla,1,Kabut Asap,6,Kaesang,4,Kahiyang Ayu,1,Kalijodo,1,Kamera,1,Karni Ilyas,1,Kasus Angeline,1,Kasus mirna,1,Kasus Sumber Waras,1,kebakaran,1,Kebakaran Hutan,5,kecelakaan,1,kekerasan,1,kepala daerah,1,Khazanah,1,khilafah,1,Kisah,2,kisruh,1,Kivlan Zen,2,kjp,1,Kontroversi,75,korupsi,1,KPAI,2,KPK,21,Krisna Murti,1,Lain-lain,1,laporkan,1,luar negeri,1,Lulung,2,Mahasiswa,1,Mahkamah Agung,1,Maia Estianti,1,Mario Teguh,10,mendikbud,1,menteri,3,Menteri kesehatan,1,Menteri Susi,2,Metropolitan,1,Motivasi,1,Moto GP,9,MUI,1,Musibah,2,Mustofa Nahra,1,Narkoba,2,Nasional,78,Nasionalisme,5,Netizen,2,News,230,Nikon,1,Nila F moeloek,1,Obama,1,Olah Raga,6,operasi zebra,1,Opini,30,ormas,1,OTT,1,pak yus,1,panglima TNI,1,PBNU,1,PDIP,4,Pegunungan Kendeng,1,pembangunan nasional,3,pembohong,1,Pemerintah,1,pemprov,1,Pendidikan,2,Pengetahuan,2,penistaan agama,2,penulis,1,Perampok,2,Peristiwa,3,perkosa,1,perppu,1,perpres,1,Piala Presiden,1,Pilgub DKI,36,pilkada 2018,1,pkl,1,Polda Metro Jaya,4,Polisi,8,POLITIK,89,Polri,4,PPP,1,prabowo,1,Presiden jokowi,8,presiden.,1,prestasi,1,Provokator,1,PSI,1,Putu Sudiartana,3,Ratna Sarumpaet,1,Rawajati,1,Ridwan Kamil,1,Risma,2,Roy Suryo,1,Rupiah,2,sandiago uno,14,SARA,5,Saracen,3,satpol PP,1,saudi,1,SBY,9,sean purnama,1,sejarah,2,seleb,7,semrawut,1,setnov,12,sidang,8,Sidoarjo,1,singapura,1,Snack bikini,1,Soeharto,2,Soekarno,1,soekarno Hatta,1,sports,1,Sri mulyani,1,supersemar,1,Susi,1,syahrini,1,tanah abang,2,taufik,1,Tax Amnesty,1,Teknologi,2,Teman Ahok,2,Tercyduk,2,Teroris,4,tips,9,TKI,1,tni,1,Tokoh,2,Toleransi,2,tommy,1,Tsamara,1,Umroh,2,vaksin palsu,3,viral,2,wagub jakarta,3,wahaby,1,warga miskin,1,Wiranto,2,Yenni Wahid,1,Yusuf Mansur,1,
ltr
item
Sejagad Media: Pemantauan Asap Ditingkatkan Sampai ke Amrik!
Pemantauan Asap Ditingkatkan Sampai ke Amrik!
http://3.bp.blogspot.com/-EqCbpHEW1fY/ViwdXcOBUdI/AAAAAAAAAZc/PK01itWn280/s640/asap.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-EqCbpHEW1fY/ViwdXcOBUdI/AAAAAAAAAZc/PK01itWn280/s72-c/asap.jpg
Sejagad Media
http://www.sejagad.com/2015/10/pemantauan-asap-ditingkatkan-sampai-ke.html
http://www.sejagad.com/
http://www.sejagad.com/
http://www.sejagad.com/2015/10/pemantauan-asap-ditingkatkan-sampai-ke.html
true
5865075294842629428
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy